Rabu, 25 April 2012

Waspada, Wanita Gemuk Berisiko Kena VTE

Kalau tubuh Anda gemuk, atau cenderung obesitas, mungkin perlu mewaspadai munculnya venous thromboembolism (VTE) di tubuh Anda. VTE adalah pembekuan darah di kaki, yang kadang pecah, dan menjalar sampai ke paru-paru (emboli paru). Kondisi seperti mungkin kasusnya jarang terjadi, namun cukup mematikan bila mengalami keadaan ini.
Penelitian dari Otago University dan Oxford Universty menemukan, risiko terkena VTE cukup tinggi pada orang yang mengalami kegemukan, terutama menyerang wanita. Penelitian difokuskan pada wanita berusia rata-rata 56 tahun  yang punya masalah VTE. Catatan mereka setelah12 minggu pasca-operasi diteliti untuk melihat indikasi yang diamati.
“Penelitian kami pasca-operasi VTE menunjukkan, risiko lebih tinggi ditemukan pada wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas, daripada wanita yang memiliki berat badan sehat,” tulis penelitian itu.
Peneliti juga menyimpulkan, 7 dari 1000 kasus pasien VTE yang meninggal, mengalami masalah obesitas. Sementara kasus VTE yang terjadi pada wanita sehat, rasionya 4,8 dari 1000 kasus yang ada.

sumber : http://sidomi.com/88484/waspada-wanita-gemuk-berisiko-kena-vte/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar