Kamis, 01 September 2011

Credo #5

December 11, 2009 by Boy Macklin
Filed under: Bisnis, Bisnis Internet, Islam

bussinessmanagement_aagym_spiritual_marketerPosting pertama ditulis di Blog.transferUang.com (04/09/09) dan terinspirasi dari sebuah buku yang berjudul, Aa Gym a Spiritual Marketer Karya Hermawan Kertajaya. Buku yang di rilis pada tahun 2005 ini memang menjadi motivator untuk para pebisnis muslim. Di halaman 83 buku tersebut ada sub tema “Always Offer a Good Package at a Fair Price” ini yang mebuat saya tertarik untuk mengkajinya. Biasanya calon pembeli atau konsumen sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk akan membandingkan dulu masalah harga dengan produk yang sama di tempat atau gerai yang berbeda. Intinya hanyalah mencari produk yang berkualitas dengan harga yang paling murah. Hal ini adalah sebuah pengambilan keputusan yang sangat manusiawi. Tapi apa hubungannya dengan bisnis online terutama dengan Smart Machine System (SMS).

Kemarin saya telah membahas apakah SMS masuk dalam kategori Halal atau Haram, Insyallah SMS masuk kategori halal. Hanya kemaslahatan apa yang bisa diangkat dari bisnis ini?? Mengacu pada Credo tersebut ada lima yang harus diperhatikan dari sebuah usaha yang dijalankan. MQ yang dijalankan oleh Kiai ini memang benar bermanfaat, jika kita sudah pernah memahami sebuah manajemen operasional maka dengan mudah menangkap apa inti dari permasalahan ini. Lima konsep ini adalah;

1. Mutu

Mutu atau kualitas produk memang harus diutamakan. Mutu produk memang harus diutamakan, oleh karena itu standar yang digunakanpun minimal sudah mengacu pada apa yang sudah berlaku saat ini. Standar yang digunakan bisa mengacu pada Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Produk dan mutu intinya untuk menjamin kepuasan pelanggan. Dengan Kepuasan pelanggan tersebut diharapkan akan membangun relasi antara member dan produsen dalam waktu jangka panjang.

2. Murah

Jujur, baru saya sadari bahwa tidak semua produk mahal itu memberikan citra yang baik terhadap sebuah produk. Tetapi Mutu yang bagus tetapi tidak mahal. Binis internet sudah banyak menekan biaya produksi kenapa harus mahal? itu yang menjadi pertanyaan bagi saya. Pada Credo ini menjelaskan bahwa prinsip yang dianut oleh Aa Gym “Sedikit Untung, Banyak Laku” Tujuannya hanya satu, tidak selalu beorientasi pada omset, akan tetapi agar banyak netter yang bisa mendapatkan produknya dengan mudah, serta bisa langsung menggunakannya.

3. Mudah

Mudah? maksudnya produk ini agar mudah diakses oleh siapapun. Mudah digunakan, praktis, dan cepat membawa hasil. Tidak memberikan kesan sedikitpun sulit atau rumit dalam hal apapun, karena ciri bisnis yang berkah adalah mudah. TransferUang.Com, memberikan kemudahan untuk kita sebagai newbie agar bisa dengan mudah menjalankan bisnis di internet. Selanjutnya jika anda ingin melakukan pengembangan bisa dilanjutkan pada tingkat yang lebih kompleks yaitu e-commerce.

4. Mutakhir

Disini Produk dan layanan yang harus selalu mengalami inovasi. TransferUang.Com, telah meng-update sistem SMS dengan teknologi security lock down directory. Artinya, inovasi produk sudah menjadi keharusan, sehingga produk senantiasa menjadi up to date.

5. Multimanfaat

Maksud dari multimanfaat disini adalah dapat menguntungkan banyak pihak. Jika anda memiliki produk TransferUang.Com, anda akan mandiri menghasilkan profit untuk bisnis anda sendiri. Banyak manfaat yang dipelajari sebagai langkah awal di bisnis internet. Pastikan anda bisa melakukannya.

Lakukan sesuatu yang terbaik dan jangan pernah menyerah. Wassalammualaikum, wr.wrb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar