Minggu, 24 Juni 2012

Bumbu Dapur untuk Kesehatan


Sesak napas, sakit gigi, dan perut kembung memang mengganggu. Keluhan ini bisa dialami siapa saja. Sebelum ke dokter atau mengonsumsi obat untuk meredakannya, cobalah tengok dulu bumbu dapur yang kita punya, kita akan temukan bahan atau bumbu sebagai pertolongan pertama.
Keluhan sesak nafas
Obat alami: cabai, paprika, merica
Bisa dipicu oleh udara dingin, infeksi sinus, alergi atau parfum yang menyengat. Cobalah mengonsumsi makanan pedas yang mengandung banyak cabai. Capsaicin, senyawa yang memberikan rasa pedas pada cabai, diketahui bisa melebarkan pembuluh darah di hidung, yang membantu meredakan hidung tersumbat. Anda juga bisa mengonsumsi makanan pedas lain yang mengandung wasabi.
Bila sakit gigi
Obat alami: Cengkih
Bila gigi terasa ngilu coba kunyah dua buah cengkih. Seperti dilansir Prevention, menurut penelitian tim dari University of California, Los Angeles, mengunyah cengkih bisa mengurangi nyeri pada gigi dan gusi.
Eugenol, zat yang terdapat dalam cengkeh bisa berfungsi sebagai pembunuh bakteri. Penyimpanan cengkeh harus diperhatikan karena cengkeh berjamur bila diletakkan di tempat yang lembab. Sangat penting menyimpan cengkeh di tempat yang kering agar khasiatnya tak berkurang.
Jika Perut kita kembung
Obat alami: Jahe
Jahe selain menjadi minuman hangat, juga ampuh untuk perut mual dan kembung. Menurut penelitian Central Food Technological Research Institute, jahe juga bisa menguatkan pencernaan kita. Jahe mengandung dua bahan aktif yaitu gingerol dan kurkumin yang bisa secara cepat memecah protein dan lemak dan membantu melarutkan gelembung gas. Termasuk, mencegah kejang otot yang menyakitkan di dinding usus.
Bila haid disertai nyeri
Obat alami: Semangkuk kacang-kacangan rebus dan segelas susu rendah lemak.
Seringkali wanita datang bulan disertai nyeri yang luar biasa. Bahan dari dapur yang dapat mengatasi adalah kacang tanah atau kacang kedelai (edamame). Jika mungkin, konsumsilah makanan tinggi serat dan kaya protein satu minggu sebelum haid. Keduanya akan membantu kestabilan kadar gula dalam darah. Ini penting, karena gula darah yang tidak stabil membuat Anda jadi lebih sensitif saat haid.
Penelitian juga menemukan, wanita yang mengonsumsi karbohidrat kompleks dan makanan kaya serat, bisa mengurangi perasaan sensitif sesaat sebelum haid.
]
\
Sumber: http://www.kabarinews.com/article/Berita_Indonesia/Kesehatan/Bumbu_Dapur_untuk_Kesehatan/38058
 http://ipbkpm.wordpress.com/2012/05/23/bumbu-dapur-untuk-kesehatan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar