Minggu, 13 November 2011

Bandeng Asap

Cara Membuat Bandeng Asap memakai Mesin Pengasap

Bandeng asap adalah makanan khas Sidoarjo, Jawa Timur. Merupakan olahan dari ikan bandeng segar yang dimatangkan dengan cara pengasapan, menghasilkan bandeng asap dengan rasa yang khas dan lezat. Makanan olahan ini juga bisa tahan beberapa hari tanpa disimpan dalam lemari es, sehingga cocok dijadikan oleh-oleh.



Resep Cara Membuat Bandeng Asep dengan memakai Mesin Pengasap :

Awalnya, sisik ikan bandeng basah dibersihkan hingga bersih, sayat bagian perut bandeng. Kemudian isi perut dikeluarkan agar tidak menimbulkan bau. Bagian dalam bandeng juga dibersihkan sehingga tidak ada darah yang tersisa.

Selanjutnya ikan bandeng yang sudah bersih direndam dalam bumbu (garam, bawang putih, bawang merah, ketumbar , kemiri & kunyit) selama 2 jam, hingga meresap ke seluruh daging. Setelah itu, bumbu yang menempel pada permukaan kulit bandeng dibersihkan agar tidak kotor. Lalu bagian perutnya disanggah dengan lidi agar asap dapat masuk ke bagian dalam perut.

Siapkan perapiannya, masukkan batok kelapa kedalam laci alat pengasapan kemudian dibawah alat pengasapan, diletakkan kompor yang menyala, api akan masuk dari lubang-lubang yang ada pada laci alat pengasapan sehingga akan membakar batok-batok kelapa tersebut.

Kemudian pastikan bahwa api hanya menyisakan bara. Taburkan serbuk kayu atau tambahkan batok kelapa lagi sehingga menimbulkan asap.

Untuk menghasilkan bandeng asap warna kuning, maka serbuk kayu yang digunakan harus berwarna kuning. Setelah asap mengepul, bandeng dimasukkan dengan cara digantung pada alat pengasapan kemudian ditutup. Setiap jam serbuk kayu atau batok kelapa dtambahkan agar alat pengasapan terus berasap.

Bandeng diasapkan selama 3 jam. Bandeng sudah matang, dan siap untuk disantap.

mhttp://mesin-presto-kursus-presto-tristar.blogspot.com/2010/09/cara-membuat-bandeng-asap-memakai-mesin.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar