Jumat, 04 Maret 2011

Budayakan Tanam Padi di Pot

Warga Budayakan Tanam Padi di Pot

Elsewhere | Thu, Apr 30, 2009 at 12:10 | Bandung, Pikiran Rakyat

Sulitnya mencari lahan yang luas untuk menanam padi, kini bisa disiasati dengan melakukan penanaman dalam pot. Bahkan, hasil yang diperoleh dengan melakukan penanaman padi dalam pot, cukup menguntungkan.

Seperti diakui oleh sejumlah warga di Kampung/Desa Ciluncat Kec. Cangkuang Kab. Bandung. Mereka kini sedang membudayakan penanaman padi di pot, karena lahan sawah yang ada makin habis tergusur pembangunan. “Pot yang digunakan cukup memanfaatkan kaleng bekas. Sedangkan media tanahnya bisa mengambil lumpur kolam dan diberi pupuk organik,” tutur Darussalam, warga Desa Cangkuang, Kamis (30/4).

Menurut Darussalam, padi yang dihasilkan dengan menanam di pot, tidak kalah banyak dengan yang ditanam di sawah. Dalam satu pot, bisa menghasilkan 0,5 kg pagi. Jumlah itu termasuk banyak dan menguntungkan petani. Di sisi lain, petani juga tidak memerlukan lahan sawah yang luas.

Engkus petani lainnya mengungkapkan, semula warga ragu dengan hasil padi yang ditanam dalam pot. Namun, setelah mencoba dan mendapat bimbingan, hasilnya ternyata lebih menguntungkan. Kini, sejumlah warga justru makin antusias untuk mencoba menanam padi di pot.

Jenis benih padi yang selama ini digunakan warga Desa Ciluncat, ujar Engkus, baru sebatas IR 64. Namun, bukan tidak mungkin, di waktu mendatang warga akan mencoba jenis benih padi lainnya untuk ditanam di pot. Seorang warga, cukup menyediakan 600 kaleng bekas, maka kesulitan memperoleh lawan sawah yang luas sudah bisa teratasi. (A-191/A-147)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar