Jumat, 25 Maret 2011

Tip’s Terapi Pijat Sendiri

Tip’s Terapi Pijat Sendiri

Menurut American Massage Therapy Association, pijat tidak hanya berguna untuk melancarkan aliran darah, tapi juga bisa menghasilkan hormon ebdorfin yang bisa bikin perasaan menjadi lebih tenang.

minorhealth_pijat

Cobalah pijat wajah Anda. Menurut sumber Holisticonline, pijatan di wajah berfungsi untuk relaksasi otot dan menstimulasi pembuluh darah di bawah kulit, serta membantu mencegah munculnya garis halus dan kerut.

Berikut ini cara melakukan terapi pemijatan sendiri yang bisa Anda lakukan:

1. Sebelum memulai memijat, cuci bersih kedua tangan Anda, yang dilanjutkan dengan membersihkan wajah dengan lotion pembersih.

2. Mulailah gerakan memijat dengan kedua telapak tangan menekan secara lembut.
Mulailah dari leher, perlahan pindahkan kedua tangan dengan pelan-pelan sambil tetap memijat ke arah pipi, lalu ke bagian pelipis.

3. Lanjutkan dengan gerakan stimulasi.
Pakai bagian belakang jari tangan dan gerakan bergantian dengan arah melingkar di sekitar pipi, leher, dan bawah dagu.

4. Untuk melancarkan aliran darah, letakkan salah satu ibu jari dan jari tangan di kedua alis.
Tekanlah secara perlahan sambil digerakkan perlahan mulai dari ujung alis sampai di tulang hidung bagian atas dekat mata.

Sumber : anekatipsmenarik.blogspot.com

Pijat ala Thailand



ImagePijat atau massage merupakan sebuah aktivitas yang sangat menyenangkan. Badan capek-capek dan pikiran mumet bisa kembali fresh setelah mendapatkan treatment ini. Di Indonesia, dulu saya selalu melewatkan paling tidak sekali sebulan untuk melemaskan otot-otot dipijat ” Bersih Sehat”, meskipun cabangnya banyak di jakarta, tapi saya lebih suka ke ” Bersih Sehat” yang di Bandung dekat jalan Gempol Wetan… di daerah Jonas Foto situ deh, jadi sekalian liburan ,makan mie akung, batagor kingsley, kupat tahu cilaki, bubur ayam mang oyo, sate padang cikapundung…. (wah kangen deh ama makanan2 itu)…. Satu jam pijat dengan tarif 80rb per jam ( masih segitu gak ya sekarang), badan sudah fresh.

Di Bangkok… kebiasaan itu tidak bisa dihilangkan, malah makin sering karena Bangkok adalah gudangnya massage, mulai dari yang baik-baik, sampai pada pelayanan yang plus-plus… mulai dari kaki atau tangan… hingga seluruh badan. Tarifnya? ya bervariasi..dari yang murah hingga mahal… namun yang sering saya datangi adalah massage di depan tempat tinggal saya, tempatnya bersih, bagus, dan harganya tidak terlalu mahal, 400 baht (110 ribu) untuk 2 jam massage… murah kan… kalau compare ama bersih sehat yang sudah 160 ribu….

Mana sih yang lebih enak pijat bersih sehat atau thailand..? beda2 sih enaknya…. dan metode pemijatannya juga beda… di indo (begitu orang thailand menyebut indonesia) metodenya pakai minyak atau tidak…namun lebih enak pakai minyak ya… buka baju dan ditutupi selimut…

Di Thai… pijatnya gak pakai minyak… terus kita dikasih baju seragam khusus seperti baju piyama.. baru deh penijat mulai bekerja … mulai dari kaki…tpaha…punggung, bahu, hingga kepala… terus dibalik.. dan diulangi dari bawah ke atas… nah yang beda dengan bersih sehat nih… di thai massage ada peregangan… tubuh kita ditekuk dalam berbagai macam posisi…ditarik dan… pletuk…pleuk… bunyi deh semua jaringan otot…. rasanya…yummy tenan…

mau coba..silhkan mencoba… tapi hati2 ya… kalau mau pijat liat dulu tempatnya..jangan sampai salah masuk.. :)

Sumber : jalanasik.com

Tips Pijat Bayi

cimg1042Memijat adalah salah satu pengobatan alternatif yang sudah diakui keefektifannya untuk terapi penyakit tertentu atau sekedar menjaga kebugaran tubuh. Bukan hanya pada orang dewasa, terapi ini pun bisa dilakukan pada bayi. Tujuannya untuk meningkatkan status kesehatan bayi, meningkatkan rasa nyaman, serta meningkatkan ikatan kasih sayang antara ibu dan anak. Tapi perlu diingat, terapi ini hanya bisa dilakukan pada bayi yang usianya lebih dari 6 bulan, bayi tidak dalam keadaan diare dan ada selang waktu dengan jam makan atau tidak dalam keadaan kenyang. Berikut ini adalah persiapan dan cara pelaksanaannya.

Persiapan memijat:

  • Mencuci tangan dengan sabun
  • Menggunakan pelumas baby oil atau semacamnya

Cara pelaksanaan

Pijat muka:

  • Letakan kedua telunjuk di dagu kemudian tarik kearah atas
  • Letakan kedua telunjuk di dahi kemudian tarik ke pinggir. Ulangi 10x

Pijat dada

  • Letakan kedua telapak tangan di dada bayi, kemudian putar seperti kupu-kupu.
  • Ulangi 10x

Pijat perut

  • Letakan satu telapak tangan di perut menutupi pusar, putarkan setengah lingkaran. Ulangi 10x
  • Ketuk perut dengan ujung telunjuk 3x. ulangi 10x
  • Pijat perut dengan satu telapak tangan dari arah atas membentuk huruf I, L dan U.

Pijat punggung

  • Letakan tangan di punggung bergantian dari tangan klanan lanjutkan oleh tangan kiri (selang-seling).
  • Ulangi 10 x

Pijat lengan

  • Tangan diurut kearah bawah dan atas
  • Pijat tangan dengan arah menggulung dengan dua tangan

Pijat kaki

  • Urut kaki bayi kearah bawah dan atas
  • Pijat kaki bayi dengan arah menggulung dengan dua tangan
  • Pijat tulang kering bayi dengan jempol.

Sumber : parentingislami.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar