Minggu, 06 Maret 2011

Inovasi Mesin Pembuat Susu Kedelai dari UNY

Mesin pembuat susu kedelai kreasi mahasiswa UNY (Foto: UNY)

JAKARTA - Jika selama ini kamu suka minum susu kedelai, mengapa sekarang tidak kamu coba membuatnya? Mesin pembuat susu kedelai kreasi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bisa membantumu.

Mesin ini dibuat oleh lima mahasiswa jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik (FT) UNY yakni Didit, Fajar, Zaka, Maryanto dan Norman. Lima sekawan ini pun bahu membahu dalam menyelesaikan mesin pembuat susu kedelai yang menjadi proyek akhir mereka.

Rangka mesin dibuat oleh Norman, Zaka bertanggung jawab membuat lengan mesin, Fajar menyelesaikan poros pisau, sedangkan Maryanto mengerjakan roda gigi lurus dan batang gigi. Pembagian kerja ini membuat mereka hanya membutuhkan waktu sekira tiga minggu.

"Tujuan perancangan mesin ini adalah untuk mempermudah Usaha Kecil Menengah (UKM) atau industri rumah tangga dalam pembuatan susu kedelai," kata Didi seperti dikutip dari situs UNY, Sabtu (5/3/2011).

Mesin buatan mereka berukuran panjang 900 mm, lebar 400 mm dan tinggi 1000 mm. Mesin ini menggunakan motor AC ¾ HP. Harga pokok mesin tersebut sekira Rp3.3 juta

Mesin pembuat susu kedelai ini dirancang untuk proses penggilingan, proses penyaringan, dan proses pemanasan. Agar tetap steril, mereka menggunakan stainless steel untuk bahan yang berkontak langsung dengan kedelai maupun sari kedelai.

Seperti kita ketahui, kedelai kaya akan protein dan biasanya diolah menjadi makanan atau minuman. Di antara manfaat kedelai adalah meningkatkan metabolisme tubuh, menguatkan sistem imun tubuh, menstabilkan kadar gula darah, dan melindungi jantung.

"Satu kilogram kedelai kering menghasilkan 15 liter susu kedelai siap saji," Didi mengimbuhkan. (rfa)(rhs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar