Rabu, 02 Maret 2011

Jahe,
sapa yang gak kenal dengan nama tanaman yang satu ini. Setiap orang pasti pernah mendengar atau bahkan mengkonsumsinya. Disamping dapat dipergunakan sebagai bumbu pelengkap pada masakan, jahe juga dapat dimanfaatkan sebagai minuman yang menyehatkan dan kian hari semakin banyak digemari orang karena rasanya yang nikmat, harga yang terjangkau dan sangat baik untuk menyegarkan tenggorokan, masuk angin , batuk rematik, encok tambah darah, perut mulas, pengatur menstruasi dan masih banyak yang lain. Karena saking banyaknya manfaat yang dapat diambil maka ada baiknya kita coba buat jahe instant, agar mudah dalam pemanfaatan dan pemasarannya.

Adapun bahan dan alat yang dibutuhkan sebagai berikut :

Bahan-bahan :

  1. Jahe ...............1 Kg
  2. Gula ...............2 Kg
  3. Kayu manis ....Sebesar ibu jari
  4. Cengkeh ........3 biji
  5. Garam ...........½ sendok teh

Alat-alat :
  • Kompor
  • Blender/parut
  • Kain, penyaring
  • Panci aluminium
  • Centong kayu (pengaduk)
  • Bak plastik
Cara pembuatan :

Jahe diparut atau diblender, bila diblender sebelumnya dipotong kecil-kecil, hasil blender atau parutan diperas dengan kain kemudian hasil peresan jahe dimasukkan dalam panci dan dimasukkan juga kayu manis, cengkeh, garam dan gula. Bahan-bahan tersebut direbus dan terus diaduk-aduk ±45 menit tergantung besar kecilnya api kompor dan banyaknya bahan yang kita rebus. Apabila terlihat gelembung air jahe kita mendidih semakin pekat pertanda siap diangkat dari kompor, tetapi ingat tahap terakhir ini banyak mengeluarkan tenaga yakni mangaduk sampai jadi kristal dan jangan sampai menggumpal supaya diperoleh butiran yang lembut dan halus. Dah kelarkan, tinggal dikemas deh. Ingat ya, pilih kemasan yang menarik. Gimana ? gak sulitkan? hanya butuh ketelatenan dan kesabaran.
Akhirnya semoga dapat dijadikan referensi untuk menambah wacana dalam ber wirausaha, selamat mencoba dan semoga sukses aja ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar