Sabtu, 14 Mei 2011

4 Tips Mudah Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur Saat Tidur

menghentikan dengkuran

Anda termasuk pria yang suka mendengkur, ngorok saat tidur. Jika ya, sudah saatnya Anda merubah kebiasaan jelek tersebut. Dan suatu penelitian mengungkapkan bahwa pria yang berhenti mendengkur punya manfaat bagus yakni bisa membantu kehidupan seksualnya karena meningkatkan kekuatan ereksi.

Ada 4 yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan kebiasaan mendengkur ini yaitu:

1. Tidur menghadap samping
Orang akan cenderung mendengkur ketika tidur telentang (kepala menghadap atas), sedangkan tidur tengkurap (kepala menghadap bawah) akan membuat leher dan napas tersiksa selama tidur. Cobalah untuk tidur menghadap samping untuk menghentikan gangguan tidur ini.

2. Meninggikan kepala
Angkat kepala tempat tidur dengan menempatkan balok kayu di bawah tempat tidur atau menopang tubuh bagian atas dengan bantal (bukan hanya kepala, karena itu justru bisa menghambat pernapasan). Tidur dengan kepala ditinggikan juga mungkin akan melepaskan beberapa tekanan pada sistem pernapasan, sehingga bernapas terasa lebih mudah dan nyaman.

3. Turunkan berat badan
Kelebihan berat badan terutama di bagian leher akan memberikan tekanan pada sistem pernapasan. Kondisi ini menyebabkan seseorang mendengkur saat tidur. Dan membuat napas terganggu karena lemak di leher.

4. Hindari alkohol dan obat tidur
Kedua zat yang terkandung dalamnya juga dikenal menyebabkan gangguan tidur sleep apnea, yaitu kondisi berbahaya yang dikaitkan dengan penyakit jantung. Alkohol dan obat tidur dapat menekan sistem saraf pusat serta relaksasi otot-otot leher dan rahang yang membuat orang lebih mudah untuk mendengkur.

5. Stop merokok
Merokok dapat membuat sistem pernapasan terganggu dan yang akhirnya dapat membuat orang mudah mendengkur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar