Senin, 16 Mei 2011

Tanaman Bumbu Dapur Berkhasiat Obat

Tanaman bumbu dapur ternyata tak hanya bisa ditanam di pekarangan. Terkadang, ditanam di pot malah lebih bagus. Peletakannya pun bisa luwes. Bisa di serambi depan, atau untuk menemani taman, dan sebagainya.

Lebih dari itu, tanaman bumbu dapur ini dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan alami. Murah, mudah, dan risikonya kecil.

Kencur
Rimpang kencur tumbuh bergerombol dan bercabang-cabang. Warna rimpang cokelat gelap dan berkesan mengkilap. Kencur juga bisa berbunga, yang muncul di sela-sela daun, bentuknya kecil. Tanaman kencur (Kaempferia galanga) tergolong kecil, berbatang semu pendek. Daunnya bulat melebar dengan ujung mengecil, berwarna hijau gelap. Beberapa khasiat dan manfaat kencur antara lain:

1. Masuk Angin
Siapkan 1 rimpang kencur sebesar ibu jari, kuliti dan cuci pada air mengalir. Kunyah dan makan dengan garam secukupnya, lalu minum segelas air hangat. Lakukan 2 kali sehari.

2. Melangsingkan Tubuh
Ambil 1 rimpang kencur, 1 sendok teh tepung beras basah, dan 1 potong gula kelapa. Bersihkan rimpang kencur, lalu seduh semua bahan dengan segelas air panas. Saring dan minum sehari 3 kali.

Kunyit
Rimpang kunyit berbentuk agak bulat, bercabang-cabang pendek. Jika dibelah, tampak dagingnya berwarna oranye menyala. Kunyit bisa dipakai sebagai bahan pewarna alami. Aromanya khas dan rasanya pahit agak getir. Tanaman kunyit (Curcuma domestica) memiliki batang semu, berdaun bulat telur memanjang, dan berwarna hijau muda mulus. Manfaat kunyit antara lain:

1. Diabetes
Sediakan 3 rimpang kunyit dan setengah sendok teh garam. Rebus kedua bahan dengan seliter air. Biarkan mendidih hingga tinggal separuhnya, lalu saring dan minumlah. Ulangi 2 kali seminggu sebanyak setengah gelas sekali minum.

2. Ketombe
Ambil 1 rimpang kunyit, cuci bersih dan tumbuk. Setelah airnya keluar, gosokkan sarinya ke kulit kepala yang berketombe. Biarkan air sarinya meresap beberapa waktu (bila perlu semalam). Setelah itu, cuci dengan sampo. Lakukan beberapa kali hingga ketombe hilang.

3. Menghaluskan Kulit Wajah
Sediakan 1 rimpang kunyit, 1 sendok makan beras ketan hitam, dan 1 potong kayu manis. Cuci bersih rimpang kunyit lalu diparut. Beras ketan hitam disangan (goreng tanpa minyak) lalu ditumbuk halus. Begitu pula kayu manis, tumbuk halus. Campur seluruh bahan hingga merata dan pakailah sebagai masker wajah. Lakukan berulang kali hingga wajah halus berseri.

Jahe
Ada beberapa jenis atau klon jahe. Tanaman jahe (Zingiber officinale) tumbuh tegak dan merumpun. Batangnya berupa "batang semu" yang tersusun dari helaian daun, berbentuk ramping-bulat. Penampilan daun menyirip berseling, berbentuk langsing membulat dengan ujung melancip, dan berwarna hijau. Jahe dapat dimanfaatkan antara lain untuk mengobati berbagai keluhan berikut:

1. Masuk Angin
Ambil 1 rimpang jahe sebesar ibu jari. Cuci bersih lalu memarkan. Rebus dengan 2 gelas air dan sedikit gula kelapa atau gula aren selama setengah jam. Saring, dan minum saat masih hangat.

2. Menjaga Keperkasaan
Sediakan 2 rimpang jahe, 1 buah jeruk nipis, 1 butir telur ayam, 1 sendok teh bubuk kopi, 1 sendok makan kecap, 1 sendok makan madu, dan sedikit merica. Cuci rimpang jahe, parut dan peras dengan segelas air masak, lalu saring. Belah dan peras jeruk nipis, ambil airnya. Ambil kuning telur, lantas campur dengan semua bahan lainnya. Minum sekali seminggu.

3. Keseleo
Ambil 5 rimpang jahe dan 1 buah asam jawa matang. Rimpang dicuci lalu diparut, campur dengan asam jawa hingga merata. Oleskan pada bagian tubuh yang keseleo itu.

Bawang Putih
Umbi bawang putih berlapis-lapis, sehingga dia termasuk jenis tanaman umbi lapis. Sebuah umbi bawang putih terdri atas 8-20 siung (anak bawang). Antar-siung dipisahkan oleh kulit tipis dan liat, sehingga membentuk kesatuan yang kuat. Jika siung dibelah menjadi dua, di dalamnya terdapat lembaga. Nah, nantinya lembaga ini tumbuh menerobos pucuk siung. Beberapa khasiat bawang putih antara lain:

1. Tekanan darah tinggi
Ambil 2 siung bawang putih, kupas. Giling siung itu sampai halus. Seduh bawang hasil gilingan dengan setengah gelas air panas. Silakan minum dua kali sehari.

2. Sakit kuning
Siapkan 1 umbi bawang putih, sepotong gula batu sebesar telur ayam. Umbi bawang putih ditumbuk halus, lalu tambahkan gula batu. Rebus bersama 3 gelas air sampai mendidih, aduk rata, dan saring. Minum 2 kali (pagi dan sore) sehari sebanyak dua sendok makan.

3. Luka
Umbi bawang putih dibakar, celupkan ke dalam minyak kelapa dan tumbuk halus. Oleskan hasil tumbukan pada bagian anggota tubuh yang luka.

Kapulaga
Masih termasuk suku Zingiberaceae, juga dikenal dengan nama ronde kardamon, atau amome a grape. Nama Latinnya adalah Amomum cardamomum. Tinggi tanaman sekitar 1 - 2,5 meter. Warna pangkal batang hijau kemerah-merahan. Bentuk daunnya lanset, yakni ujung dan pangkal daun tidak begitu meruncing. Tangkai buahnya amat pendek, bahkan seolah-olah tidak bertangkai. Warna buah putih kemerah-merahan dengan bentuk buah bundar agak pipih. Buah kapulaga mengandung minyak atsiri, antara lain betakamfer dan alfaborneol. Beberapa khasiat kapulaga antara lain:

1. Radang Tenggorokan
Ambil 10 buah kapulaga, ambil bijinya. Lalu, ambil sepotong kunyit, cuci dan memarkan. Campur keduanya lalu seduh dengan setengah gelas air. Tutup, dan setelah dingin, saring dan minum. Separuh untuk pagi dan separuhnya lagi untuk malam hari.

2. Encok
Sediakan beberapa batang dan daun kapulaga, cuci bersih lalu tumbuk hingga halus. Letakkan hasil tumbukan pada bagian tubuh yang terserang encok.

Dokumen Nova
FOTO: Rynol Sarmon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar