Minggu, 22 Mei 2011

Cara Sehat Masak dengan Minyak Kelapa

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan akan minyak dan mengurangi pengaruh berbahaya yang diakibatkan oleh lemak dari makanan, sebaiknya gunakan saja minyak kelapa dalam memasak dan kebutuhan pembuatan makanan. Kebanyakan minyak kelapa mempunyai rasa yang sangatlembut dan dapat digunakan untuk membuat jenis makanan apa saja.

Oleh karena minyak kelapa mengandung lemak jenuh maka panas pemasakan tidak menimbulkan radikal bebas seperti yang terjadi pada minyak sayur lain. Akan merasa aman karena tidak membahayakan kesehatan ketika dimakan. Namun minyak kelapa mempunyai titik penguapan rendah maka harus diatur dibawah suhu 177 derajad Celsius ketika memasak makanan di atas kompor. Apabila tidak mempunyai petunjuk suhu di atas kompor, kita bisa tahu ketika telah melampui titik ini karena minyak mulai berasap. Ini merupakan suhu pemasakan cukup tinggi dan bisa digunakan untuk memasak makanan apa saja. Ketika membakar roti, muffins dan casserols dengan memakai minyak kelapa bisa diatur pada suhu diatas 177 derajad Celsius karena kondisi lembab makanan saat dimasukkan menyebabkan suhu menurun di bawah 100 derajad Celsius.

Minyak kelapa akan melebur pada suhu 25 derajad Celsius menjadi cairan jernih dan terlihat seperti minyak sayur lain. Di bawah suhu ini akan menjadi padat dan mempunyai penampilan putih kekuning-kuningan.Hal ini biasanya terjadi pada musim dingin (bediding-jawa). Pada suhu ruangan sedang akan mempunyai tekstur mentega lunak dan sering dinamakan mentega kelapa. Karena minyak kelapa mempunyai sifat mentega pada suhu ruangan normal,minyak kelapa biasanya tidak digunakan sebagai salad. Minyak zaitun dingin berkualitas tinggi lainnya lebih baik untuk salad dingin. Minyak kelapa bisa dioleskan di atas roti sebagai pengganti mentega atau margarin.Beberapa merek minyak kelapa memberikan rasa lunak dan enak hingga membuat setiap olesan terasa sangat sedap. Kalau menyukai rasa mentega yang sesungguhnya, bisa membuat olesan yang lebih sedap dengan menggunakan separuh mentega dan separuh minyak kelapa untuk dicampur bersama-sama.

Sampai saat ini tidak dibutuhkan resep khusus dalam menggunakan minyak kelapa. Gunakan saja untuk menggantikan minyak lain pada resep-resep yang menggunakan mentega, bumbu penyedap,margarin atau minyak sayur. Cobalah pada kue, roti cake, muffins, pie cruts dan pancake butter. Minyak kelapa sangat baik pada pemakaian di atas skillet atau kompor. Silahkan menggunakan campuran minyak kelapa dan mentega leleh dalam suatu adonan maka rasanya akan sangat sedap.

Untuk dipakai sebagai minyak goreng, tidak ada yang bisa mengalahkan minyak kelapa,dan yang terpenting tidak banyak diserap ke dalam makanan sebanyak minyak sayur lainnya. Dan tidak menguap begitu banyak sehingga bisa digunakan secara berulang-ulang. Biasanya dokter menganjurkan untuk tidak mengkonsumsi gorengan terlalu sering karena minyak sayur yang dipakai untuk menggoreng menjadi beracun ketika digoreng. Namun berbeda dengan menggoreng menggunakan minyak kelapa,makanan tetap menjadi baik dan sehat sejauh tidak dipanaskan secara berlebihan. Minyak apa saja, termasuk minyak kelapa,akan menghasilkan produk sampingan yang beracun kalau dipanaskan secara berlebihan.

Dalam suhu normal, minyak kelapa bisa tahan dan segar selama dua atau tiga tahun. Apabila disimpan ditempat yang dingin maka akan menjadi lebih tahan lama. Memang ada orang yang lebih senang menggunakan minyak kelapa dalam kondisi padat karena mereka lebih terbiasa mengiris dengan pisau, maka pilihan menyimpan minyak kelapa dalam almari pendingan merupakan langkah yang pas.

Sumber : http://ayampressto.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar